Thursday, April 8, 2010

Pedang dan Telapak Nabi Muhammad Dipajang di Pusdai Jabar

Sejumlah pedang Nabi Muhammad SAW bakal dipamerkan di perpustakaan Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro. Selain itu, telapak Nabi Muhammad SAW serta benda lainnya turut dipajang di tempat tersebut.
"Benda-benda peninggalan para Nabi ini langsung didatangkan dari Museum Istana Topkapi Turki," jelas Project Manager Kuping Rumah Produksi, Hendra Gunamawa, saat berbincang dengan detikbandung via ponsel, Jumat (9/4/2010).

Hendra mengatakan, pameran tersebut juga menampilkan pedang Nabi Daud, tongkat Nabi Musa, busur panah Cina dan lainnya. "Pedang Nabi Muhammad SAW yang nanti dipajang ada lima buah. Selain itu, kami pamerkan telapak kaki Nabi Muhammad SAW yang diambil dari Masjidil Aqsha saat perjalanan Isra Mi'raj," kata Hendra.
Pedang Nabi Muhammad SAW yang ditampilan di antaranya pedang Al-Ma'Thur dan Al-Qadib. Benda-benda peninggalan para Nabi itu, kata Hendra, merupakan duplikat yang dibuat mirip dengan aslinya. "Semua benda yang dipamerkan ini sangat mirip dengan bentuk asli. Ukuran dan bahan dibuat sama," ujarnya.
Hendra menegaskan, tujuan kegiatan pameran tersebut sebagai edukasi kepada umat Muslim mengenai sejarah Islam. "Tujuan memperkenalkan Islam. Sebab selama ini, sejarah dibuat dalam bentuk tulisan dan narasi. Saat ini kami visualkan. Namun begitu, acara pameran ini terbuka untuk non-Muslim," ungkap Hendra.
Acara ini berlangsung mulai 9 April hingga 9 Mei 2010. Harga tiket masuk untuk menyaksikan benda-benda bersejarah itu tergantung hari. Senin hingga Jumat dikenai Rp 10 ribu, sementara Sabtu dan Minggu Rp 15 ribu. Hendra menjelaskan, pameran ini kerjaasama Pusdai Jabar dengan Kuping Rumah Produksi dan Piramid Communications.
"Siang ini sekitar jam dua siang akan resmi dibuka. Kami juga mengundang pengurus MUI se-Jawa Barat, pihak Pemrov Jabar dan Pemkot Bandung," terang Hendra.[www.detik.com]


Powered by Qumana

No comments:

Post a Comment